Posted on

Apa bedanya kurma Ajwa

Apa Bedanya Kurma Ajwa Dengan Jenis Kurma yang Lain?

Kurma ajwa – Kurma ajwa atau yang sering disebut dengan buah kurma nabi merupakan salah satu jenis buah kurma yang paling unggul dengan harga yang tidak terlalu mahal dan cita rasa yang pas di lidah. Kurma ajwa adalah kurma dengan varietas unggul yang dapat dijadikan pilihan.

Kurma jenis ini berbeda dengan jenis kurma lain baik dari segi rasa, khasiat, harga dan bentuknya. Dibandingkan dengan kurma sekkeri, amer hajj atau khidri lebih banyak orang suka dengan jenis kurma ajwa walau harganya kalau di kantongi sekitar 350 sampai dengan 700 ribu rupiah perkilogramnya. Kalau Anda ingin tahu apa bedanya kurma nabi dengan jenis kurma yang lain, bedanya terletak pada semua tentang kurma ini. Kurma ajwa memiliki ciri warna hitam gelap bukan kecoklatan atau hitam kecoklatan. Kurma ini hanya bisa tumbuh di Madinah dengan tekstur lembut pada daging buahnya. Kurma ajwa punya cita rasa yang tidak terlalu manis akan tetapi menyerupai kismis. Rasanya tidak semanis kurma zaghloul yang punya kandungan gula sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap dan tidak pula hambar. Yang jelas, cita rasa manisnya sangat pas.

Setelah kita tahu bedanya kurma nabi dengan jenis kurma yang lain, kita juga perlu paham ciri – cirinya dan tips memilih yang tepat. Berikut informasi lengkapnya tentang buah kurma jenis ajwa untuk Anda.

Ciri – Ciri Dan Tips Memilih Kurma Ajwa

Kurma ajwa tentu berbeda dengan jenis yang lain. Ada beberapa ciri – ciri kurma ajwa yang perlu Anda tahu diantaranya :

  • Kurma ajwa punya warna hitam pekat

  • Ada beberapa garis kecil

  • Baunya wangi tetapi tidak membuat pusing

  • Rasanya sedang, tidak terlalu pekat atau terlalu manis.

Kurma nabi memang kini sudah banyak yang menjual. Bahkan banyak toko kurma di Indonesia yang juga sudah menjual kurma nabi. Karena itu Anda juga perlu tahu ciri – ciri kurma ajwa yang asli dan yang palsu agar Anda tidak salah pilih. Berikut ini beberapa cara mengetahui kurma ajwa yang asli diantaranya :

  • Jika diamati secara langsung, kurma jenis ajwa ini bentuknya lebih kecil kalau dibandingkan jenis yang lain. Kemudian di bagian warnanya juga lebih gelap dengan tekstur yang agak kering. Tetapi tentu tidak terlalu kering.

  • Kurma ajwa punya guratan – guratan pada permukaan kurma. Guratan – guratan pada kurma nabi ini terlihat lebih jelas dibandingkan dengan jenis kurma yang lainnya.

  • Perhatikan warna kurmanya. Untuk jenis buah kurma nabi warna buahnya telah difermentasi yang biasanya diimpor ke negara lain pada umumnya adalah hitam. Ada juga beberapa yang warnanya cokelat mendekati merah. Warna kurma ini lebih gelap dibandingkan dengan kurma – kurma yang lain. Untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan, pedagang yang nakal juga sering mengoplos kurma ini dengan kurma lulu yang punya tampilan agak mirip. Karena itu konsumen perlu lebih teliti membedakan kurma ajwa dengan kurma lulu.

  • Jika kurma yang Anda beli menarik banyak serangga seperti halnya semut, lalat atau yang lainnya maka kemungkinan besar kurma ini asli dan tidak mengandung bahan kimia. Berbeda dengan manusia yang punya indra penciuman terbatas, serangga dapat mendeteksi tambahan bahan kimia pada bahan makanan.

  • Karakter dari buah kurma nabi yang terakhir adalah punya cita rasa yang tidak terlalu manis seperti jenis yang lain atau sedang sehingga cocok bagi mereka yang tidak begitu suka dengan makanan manis. Anda tak perlu khawatir juga karena buah kurma nabi ini cocok untuk diet sehingga rasa manisnya tidak akan mengancam diet Anda.

Selain Anda perlu tahu ciri – ciri kurma ajwa dan perlu dapat membedakannya antara yang asli dan yang palsu, Anda juga perlu tahu tips memilihnya agar tidak salah pilih. Berikut beberapa tips memilih kurma nabi yang perlu Anda tahu diantaranya :

  • Pilihlah warna yang mendekati warna terbaik. Dalam hal ini warnanya hitam pekat dan mengkilat seperti diminyaki.

  • Pilih kurma yang punya warna merata. Jika kurmanya warnanya masih setengah setengah artinya tidak merata, jangan dipilih karena mungkin ada kurma yang masih belum matang. Tetapi jika keseluruhan warnanya merata maka bisa Anda pilih.

  • Hindari memilih buah kurma yang pecah.

  • Amati aromanya karena buah kurma ajwa punya aroma yang berbeda.

  • Jangan lupa perhatikan juga tanggal kadaluarsa pada kemasan kurma.

  • Kurma yang baik punya tekstur kenyal dan tidak lembek.

  • Didalam daging kurma tampak serat – serat kurma.

  • Kurma yang baik adalah kurma yang tidak berkutu.

  • Kurma yang baik akan terasa lebih berat dibandingkan yang tidak. Jangan sampai mendapatkan kurma yang kopong atau tipis.

Buah kurma ajwa yang berbeda dengan jenis buah lainnya ini juga punya manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah ajwa untuk Anda tahu diantaranya :

Kurma nabi membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Salah satu manfaat buah kurma nabi adalah terdapat kandungan nutrisi yang komplit didalamnya. Buah kurma ajwa punya banyak nutrisi yang notabennya sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Ada beberapa nutrisi yang bisa Anda temukan pada buah kurma ajwa ini diantaranya yaitu mengandung protein, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin C. Serta masih banyak juga kandungan nutrisi lain yang bisa Anda temukan pada buah kurma ajwa ini. Dengan mengonsumsi kurma nabi secara rutin tentu kesehatan tubuh Anda akan semakin baik.

Kurma nabi bermanfaat bagi ibu menyusui

Manfaat selanjutnya dari buah kurma nabi adalah dapat membantu melancarkan ASI untuk ibu menyusui. Utamanya ibu yang baru pertama punya anak pasti punya masalah dengan ASI dan kurma ini bisa mengatasi ASI yang tersendat atau belum lancar pada ibu yang baru menyusui. Dengan buah ini masalah ASI Anda bisa teratasi. Ibu hamil disarankan mengonsumsinya secara rutin di waktu pagi, siang, sore dan malam sebelum tidur.

Kurma nabi bermanfaat untuk anak – anak

Masa anak – anak adalah masa dimana mereka tumbuh dan berkembang. Tentu saja di masa ini pola makan anak harus dijaga dan dikontrol dengan sebaik mungkin. Karena itu juga anak – anak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma ajwa. Buah ini kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak – anak sekaligus membantu perkembangan otak anak dan sekaligus mencerdaskannya. Anak – anak bisa secara rutin mengonsumsinya dibantu dengan orang tua.

Kurma nabi mencegah timbulnya bakteri pada usus

Manfaat selanjutnya kurma ajwa adalah dapat mencegah timbulnya bakteri yang menyerang usus. Memang segala jenis makanan yang Anda konsumsi sebenarnya memiliki unsur bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu Anda juga perlu menjaga pola makan dengan sebaik mungkin. Anda bisa membantu anak dengan mengonsumsi buah kurma ajwa untuk menjaga pola makan dengan sebaik mungkin. Buah yang satu ini juga dapat menghilangkan bakteri jahat yang ada didalam sistem cerna Anda. Tentu saja hal ini menjadikan buah kurma ajwa dapat membantu untuk mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Buah ini juga membantu mencegah penyakit sembelit atau diare karena makanan yang tidak sehat Anda konsumsi.

Kurma nabi mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang Anda

Buah kurma ajwa dapat mencegah osteoporosis dan juga menjaga kesehatan tulang. Osteoporosis dan kepadatan tulang juga dipengaruhi oleh kalsium yang terkandung didalam tubuh. Dan Anda perlu mengonsumsi buah yang kaya kalsium untuk mencegah terjadinya kemungkinan osteoporosis serta menjaga kesehatan tulang Anda. Salah satu buah yang kaya kandungan tersebut dan disarankan adalah buah kurma nabi. Buah kurma ajwa ini mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat dan bisa menghindarkan dari berbagai masalah yang berkaitan dengan tulang dan kepadatan tulang. Konsumsi dengan jumlah yang cukup.

Itulah bedanya buah kurma nabi yang terkenal dan populer dengan jenis buah kurma yang lain. Anda bisa konsumsi untuk dapatkan manfaat sehatnya dan hati – hati dalam pembelian kurma ajwa. Jangan sampai mendapatkan produk palsu.

Apa bedanya kurma Ajwa

2 thoughts on “Apa bedanya kurma Ajwa

Leave a Reply