Posted on

Jenis-Jenis Kurma yang beredar Di Indonesia

Jenis Kurma yang Paling Banyak Beredar Di Toko Kurma Indonesia
Toko kurma – Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan orang – orang tentang buah kurma, kini toko kurma juga semakin banyak saja beredar di Indonesia. Sebenarnya ada banyak jenis buah kurma yang dapat menjadi pilihan Anda dan dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai toko kurma.

Anda yang sedang mencari buah kurma untuk keperluan konsumsi, oleh – oleh, sajian di rumah atau mungkin untuk diberikan kepada kerabat, berikut ada beberapa jenis buah kurma yang paling banyak beredar di Indonesia. Anda bisa langsung cek informasi daftar lengkapnya di bawah ini!

Jenis Kurma yang Paling Banyak Beredar Di Toko Kurma Indonesia
Kurma ajwa

Jenis buah kurma yang satu ini sudah banyak beredar di toko kurma Indonesia saat ini. Anda dapat temukan dengan mudah. Banyak orang suka dengan kurma ini karena disebut bahwa kurma ajwa adalah kurma nabi. Kurma ajwa memiliki ciri warna hitam gelap, kurma ini hanya bisa tumbuh di Madinah dengan tekstur lembut pada daging buahnya. Kurma ajwa punya cita rasa yang tidak terlalu manis akan tetapi menyerupai kismis.
Thoory

Sering juga jenis kurma ini disebut dengan thoory. Buah ini merupakan jenis buah kurma yang sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan warnanya berubah menjadi kebiru – biruan. Kulitnya juga sangat keriput. Daging buahnya agak keras dan rasanya manis serta terdapat sentuhan rasa kacang. Kurma ini juga cukup tahan lama kalau Anda simpan. Di Indonesia sendiri kurma jenis ini cukup banyak bisa Anda temukan.
Khidri

Kurma khidri

paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan masih banyak lagi. Warna khidri merah tua, teksturnya kering dan kenyal. Rasanya tidak begitu manis sehingga akan cocok jika dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai macam cita rasa.

Amer hajj

Kurma ini juga seringkali kita temukan di toko kurma. Kurma ini adalah varietas kurma yang sangat terkenal di Irak. Dagingnya tebal dan teksturnya lembut dengan kulit tipis. Kurma amer hajj seringkali disebut sebagai the visitor’s date karena masyarakat Irak pada umumnya menyajikan amer hajj sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka.

Zaghloul

Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan bentuknya panjang menyerupai melinjo. Kurma ini biasanya disajikan sangat garing. Toko kurma di Mesir yang menjual kurma ini biasanya laris manis dengan kurmanya. Kurma ini mengandung gula yang tinggi sehingga mengering ketika disantap. Harganya eksklusif di Mesir dan cukup mahal.

Sukari

Kurma sukari banyak Anda temukan di toko kurma dengan ciri – ciri punya warna cokelat gelap. Kurma Sukari memiliki daging buah yang lembut dan cita rasa manis yang khas. Hal ini juga yang membuat kurma yang hampir berbentuk bulat ini cukup mahal kalau dibandingkan dengan jenis kurma yang lain di toko kurma.

Deglet noor

Deglet noor punya warna kuning keemasan. Kurma ini merupakan varietas unggul yang sangat populer di berbagai toko kurma di Libya, Tunisia, Algeria dan Amerika. Kini juga sudah masuk di toko kurma Indonesia. Nama kurma ini berarti cahaya karena warna buahnya serupa dengan kilauan cahaya matahari. Kurma deglet noor memiliki cita rasa yang tak terlalu manis.

Sekki

Kurma sekki memiliki warna yang unik yaitu warna kekuningan di bagian atas dan warna kecoklatan di bagian bawah. Dagingnya berwarna kuning memiliki tekstur yang lebih keras sementara yang kecoklatan lebih empuk dan kenyal. Walau begitu cita rasa kurma ini tidak begitu manis.

Khalasah

Khalasah populer di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi sehingga cukup banyak disukai. Buah kurma khalasah di toko kurma sering disebut dengan klhas dan banyak tumbuh di huffuf juga qatif di bagian timur Arab Saudi.
Itulah beberapa jenis buah kurma yang paling banyak beredar di berbagai toko kurma termasuk di Indonesia. Semoga infomasi diatas menambah informasi Anda.

Leave a Reply